Hai sahabat Soulantern,

Pasti pernah ya merasa kebingungan untuk mencari hadiah, entah itu untuk merayakan ulang tahun atau hari spesial bersama orang yang dekat dan kita sayangi? Atau bingung saat ingin menghadiahi diri sendiri atas perayaan khusus atau pencapaian suatu prestasi tertentu?

Nah, kali ini Soulantern ingin memberikan salah satu ide kado yang pasti akan berguna dan memiliki keuntungan jangka panjang loh…. Sahabat Soulantern bisa mencari biro-biro psikologi, biasanya biro swasta/pribadi atau datang ke universitas yang memiliki biro/lembaga pengembangan pribadi yang biasanya juga menyediakan fasilitas untuk psikotes.

Loh???!!! Apa hubungannya mencari kado dengan mencari biro psikologi? Iya, sahabat Soulantern bisa menjadikan psikotes sebagai salah satu alternatif kado, selain unik, hasilnyapun sangat bermanfaat untuk penerima hasil/pelaksana tesnya. Mengapa?

Karena psikotes itu bertujuan untuk mengenal diri dengan lebih mengetahui kecenderungan :

  • Inteligensi: Untuk mengetahui tingkat kecerdasan individu.
  • Kepribadian: Untuk mengetahui kecenderungan sifat-sifat pribadi seseorang yang dominan dan atau menonjol, misalnya kemampuan menjalin relasi, kerja kelompok, tanggung jawab, kemandirian, kepemimpinan, daya tahan kerja, dll.
  • Minat:Dapat menunjukkan dan mengetahui hal-hal yang lebih disukai/diminati daripada yang lain yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan dan menambahketerampilan individual.
  • Bakat:Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal-hal yang dapat dilakukan dengan baik dan merupakan kemampuan yang dapat dikembangkan, biasanya hasilnya diberikan dalam bentuk nyata, misalnya area seni, area ilmu pengetahuan, area sosial, dsb.

Selain itu, manfaat lain dari psikotes adalah membantu membuat perencanaan dalam :

  • Jurusan Studi: Menentukan jurusan IPA/IPS/Bahasa terutama dalam mencari pendidikan lanjutan yang tepat sehingga ke depannya dapat merancang hal-hal atau situasi yang mendukung pengembangan diri.
  • Cita-cita: Disesuaikan dengan kompetensi diri setelah diketahui dari hasil akhir psikotesnya.
  • Karier: Supaya mampu mendapatkan karier yang dapat memberi kepuasan, kebahagiaan dan makna dalam hidup.

Nah, bagaimana? Seru kan manfaat-manfaat yang diberikan kalau kita melakukan pengenalan diri melalui psikotes? Ya, memang harus ada nominal harga yang akan kita keluarkan, tetapi itu sepadan dan bahkan jauuuuhh lebih berharga loh saat tau hasilnya. Dan satu hal yang perlu diingat, konsultasikan hasilnya ke psikolog pemberi tesnya ya 🙂 Semoga alternatif kado/hadiah dari kami ini bisa masuk menjadi salah satu daftar kado kalian ya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here