Pada saat mengikuti suatu tes masuk entah itu untuk pekerjaan atau dalam hal studi, hal remeh yang biasanya terlewatkan adalah persiapan alat tulis. Ada yang beralasan akan disiapkan oleh penyelenggara, padahal tidak setiap penyelenggara berbaik hati mengadakan hal-hal tersebut. Hal ini terutama apabila penyelenggara sudah memberi tahu sebelumnya baik melalui surat undangan, papan pengumuman ataupun dipasang di web yang disediakan. Peralatan yang bisa kita sediakan standar umumnya yang akan digunakan adalah pulpen, pensil HB, pensil 2B dan rautan buat jaga-jaga. Atau dapat juga membawa alas tulis bilamana kita mendapatkan meja yang tidak rata sehingga membuat tidak nyaman selama tes berlangsung.

Alat tulis biasanya diperlukan untuk tes yang berlangsung adalah tes tertulis. Apabila dalam wawancara minimal membawa pulpen yang diperlukan biasanya untuk mengisi identitas atau menandatangani dokumen tertentu. Meskipun tampak sederhana, tetapi apabila kita tidak memiliki persiapan yang matang dalam hal ini barangkali akan membuat kita panik dan memecah konsentrasi apabila ternyata tidak ada pinjaman. Mungkin tidak semua peserta membawa cadangan lebih untuk dipinjamkan. Kepanikan kecil ini akan membuat kita menjadi tidak optimal dalam mengerjakan instruksi yang diminta yang kemungkinan akan mempengaruhi hasil tes, misalnya saja diminta menggunakan pensil tapi ternyata tidak membawa dan akhirnya menggunakan pulpen. Ataupun saat mendapatkan pinjaman tetapi tidak terlalu nyaman akan menghambat kecepatan kita saat bekerja, mengingat sebagian besar tes biasanya dibatasi waktu.

Apabila ternyata penyelenggara telah menginformasikan apa saja yang perlu dibawa, hal ini akan menjadikan penilaian tersendiri bagaimana kita mempersiapkan diri dan kewaspadaan terhadap instruksi yang diberikan sejak awal. Secara umum tidak terlalu diperlukan penghapus, penggaris ataupun kalkulator. Namun, akan berbeda apabila tes yang diikuti mensyaratkan hal tersebut, misalnya untuk mengetahui kapasitas menggambar, mengukur, merancang dan akurasi sesuai dengan posisi yang sedang dilamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here