Banyak informasi yang kita ketahui bahwa pakaian berhubungan positif dengan tingkat kepercayaan diri. Nyaman dan pantas atau tidaknya cara berpakaian seseorang tergantung komunitas dan pekerjaan yang sedang dihadapinya. Tingkatannya pun akan berbeda antara seorang seniman ataupun seorang bankir. Hal ini juga berlaku pada saat kita mengikuti sebuah tes baik tes kerja maupun dalam lingkup keperluan studi.

Mengapa? Karena tidak selalu kita mendapatkan ruangan tes yang ber-AC atau nyaman sirkulasi udaranya. Apabila mendapatkan ruangan yang membuat gerah yang menimbulkan keringet atau tiba-tiba AC mati yang membuat kepanasan akan juga mempengaruhi konsentrasi dalam mengerjakan bila pakaian yang kita gunakan tidak mendukung.  Atau karena keringat  membuat bau badan kita mengganggu pihak lain yang berada di sekitar tempat kita mengerjakan tes. Pakaian bisa juga didukung deodoran atau parfum asal yang tidak berlebihan.

Tidak perlu menggunakan pakaian yang berlebihan dengan jas ataupun hak yang terlalu tinggi bagi kaum wanita. Pilih yang dirasa paling rapi, bersih dan sesuai dengan pembawaan diri kita. Hal lain yang sebaiknya dihindari adalah pakaian yang cenderung transparan, karena selain tidak sopan adalah membuat tidak nyaman bagi yang melihat juga dapat mengurangi wibawa diri kita. Rok yang terlalu pendek juga tidak disarankan, karena belum tentu posisi kursi membuat nyaman untuk duduk dimana ada kemungkinan posisi tes seperti panggung sehingga paha akan tampak dari bawah atau mendapat kursi yang tidak ada penutup depannya. Selain membuat risih juga akan mengurangi kecepatan bekerja saat sibuk dengan menurunkan rok/menutupi area kaki.

Mengapa pula butuh rasa percaya diri? Apabila kita sudah yakin dengan diri sendiri, kepercayaan diri ini membantu dalam kita memberikan jawaban dan siapa tahu kalau ternyata setelah tes selesai ada tahapan wawancara atau diskusi kelompok yang perlu kesan ‘menampilkan diri’. Jadwal yang tidak terduga ini kemungkinan besar terjadi di saat job fair atau bursa kerja. Tidak ada salahnya memberi penampilan yang terbaik yang selain memberi pengaruh positif bagi diri juga dapat menarik simpati dari pihak penyelenggara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here