Ada hal yang harus disiapkan ketika sahabat SL ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Selain persiapan secara materi dan administrasi, tentu saja ada persiapan mental yang perlu dilakukan karena kondisi di Indonesia tentu saja akan sangat berbeda dengan kondisi di belahan negara lain. Pada saat situasi dan fisik tampak baik-baik saja, kondisi mental yang negatif (misalnya cemas, bingung, tidak percaya diri, meremehkan pihak lain, dsb) akan membuat seseorang tidak dapat menampilkan sisi terbaik dari dirinya. Demikian pula sebaliknya, pada saat seakan-akan situasi dan fisik tidak mendukung, kondisi mental yang positif akan membuat seseorang mampu bertahan. Bagi Alfi, suka duka itu sudah dipersiapkannya dan saat ini persiapan itu sangat membantunya untuk fokus pada target kelulusan.

Ada banyak sekali pelajaran berharga yang bisa didapat selama kuliah di sini. Wawasan, pengalaman, ilmu, dan relasi dari berbagai negara sudah tentu bertambah. Namun tentu pula ada dukanya, seperti misalnya waktu tidur yang menjadi sedikit karena harus menghadapi masa-masa aktif kuliah dengan bobot materi yang jauh lebih sulit serta tugas yang menumpuk dengan deadline ketat dan jadwal yang padat. Rasa rindu akan tanah air juga sering menjadi duka tersendiri.”

Bahkan Alfi sudah memantapkan, tidak akan pulang ke rumah Purwokerto selama 2 tahun sampai target terselesaikan. Wow! Hal yang sangat berani untuk dilakukan ya. Namun, selama hal itu mendukung untuk fokus pada target, mengapa tidak? Mengakhiri sesi wawancara, berikut ada beberapa kiat dari Alfi yang khusus diberikan untuk kalian para sahabat SL :

  • Berdoa untuk memulai segala impian dan rencana hidup.
  • Persiapkan kemampuan bahasa asing.
  • Belajar untuk mengenal kebudayaan negara yang ingin dituju, dan kuasai budaya Indonesia untuk diperkenalkan di sana.
  • Lengkapi kriteria untuk kuliah di luar negeri pada umumnya, dan perhatikan juga syarat-syarat khusus yang diminta oleh kampus tujuan.
  • Berusaha untuk peka dengan informasi seputar kuliah dan beasiswa di luar negeri.
  • Harus memiliki sikap mental, iman, dan daya juang yang tinggi.
  • Jangan malas.

Jadi, sahabat SL, mari persiapkan yang terbaik untuk impian kalian. Semangat!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here