Halo Sahabat SL, ada yang sedang akan menghadapi wawancara kerja untuk pertama kalinya dalam waktu dekat? Kali ini kami akan memberikan tips yang diharapkan dapat membantu mengurangi kegugupan dan menambah keyakinan kalian ya dalam menghadapi panggilan wawancara tersebut. Beberapa tips itu adalah:

  1. Kuasai bidang pekerjaan posisi yang akan kita dilamar, contoh jika melamar dibagian keuangan atau akunting akan lebih baik untuk memahami seluk beluk pembuatan laporan keuangan.
  2. Kuasai diri agar tidak gugup dan dapat menjawab pertanyaan dengan lancar. Caranya adalah dengan berlatih sebelumnya untuk melakukan tanya jawab dengan orang tua, kakak ataupun teman. Minta mereka untuk bertanya kepada kamu dan kamu berusaha untuk menjawabnya. Jika tidak ada orang lain untuk membantu, kamu dapat berlatih tanya jawab sendiri di depan kaca. Hal ini selain berguna untuk mempersiapkan jawaban adalah untuk menjaga sikap tubuh atau mimik wajah kita yang tepat dan nyaman untuk menghadapi pewawancara.
  3. Seringkali kegugupan untuk menghadapi wawancara membuat kita sulit untuk tidur pada malam sebelumnya. Hal ini dapat membuat kamu kesiangan ketika bangun keesokan harinya. Padahal akan lebih baik jika kamu bangun dan menyiapkan diri lebih awal, sehingga tiba di lokasi wawancara minimal 30 menit sebelum wawancara dimulai.

Waktu 30 menit tersebut dapat kamu gunakan untuk menenangkan diri setelah dalam perjalanan dan berusaha untuk mengenali lingkungan perusahaan tersebut. Kamu dapat melihat bagaimana suasana kantor dan para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. Jangan segan untuk berkenalan dan berbincang untuk bertukar informasi dengan sesama kandidat. Gunakan situasi ini untuk memperluas relasi dan wawasanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here