lamaran
lamaran

Gambaran sederhananya, surat lamaran itu adalah kulonuwunnya kita kepada perusahaan sebelum menghantarkan kepada pengenalan lebih lanjut, yaitu keterangan lengkap di curriculum vitae.

Surat lamaran berisikan :
* Dimana dan kapan surat dibuat;

* Kepada siapa surat ditujukan;

* Paragraf pertama, salam pembuka yang secara singkat berisi mengapa tujuan surat dibuat (misalnya : karena membaca dari iklan, karena mengetahui ada lowongan dari teman yang bekerja di perusahaan yang sama, dll);

* Paragraf kedua, deskripsi singkat mengenai kelebihan/sifat positif dari diri sendiri dan pengalaman yang dimiliki, sebaiknya tonjolkan dan kecocokan apa yang dimiliki dengan posisi yang ditawarkan; Catatan : 3-4 kalimat saja, karena yang lebih lengkap nanti sudah akan ada di curicullum vitae.

* Paragraf ketiga, paragraf penutup, selain mengucapkan salam penutup, berikan juga nomor telepon yang aktif dan mudah dihubungi, alamat e-mail serta kalimat kesediaan untuk mengikuti proses yang dikehendaki perusahaan.

* Bubuhkan tanda tangan dan nama lengkap.

Nah, mudah kan membuat surat lamaran? Singkat saja, tetapi padat dan tidak perlu bertele-tele. Semangat membuatnya sesuai dengan kepribadian kita sendiri ya Sobat Soulantern!

“Surat lamaran kerja adalah sebagai kulonuwon sebelum kita memasuki proses rekrutmen lanjutan. Cara perkenalan yang sopan dan efektif akan membawa kita menuju kepada pintu proses selanjutnya dengan memberikan gambaran yang positif tentang diri sendiri kepada perusahaan. -SL-“

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here