Psikologi Tips : Pengenalan Diri Melalui Psikotes

Seseorang akan dapat bertahan dalam berbagai situasi dan mengerjakan tugas ataupun tanggung jawabnya saat dirinya menyadari kelebihan, kelemahan, minat dan potensi yang ada dalam dirinya. Salah satu cara untuk  memperkuat pengetahuan dan pemahaman mengenai diri adalah dengan mengikuti psikotes. Baik mengenai potensi akademik, kepribadian, kinerja, maupun mengenai bakat dan minat disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang dibutuhkan.

Tidak melulu setiap orang yang mendatangi biro psikologi adalah orang yang memiliki masalah kejiwaan, tetapi bisa juga untuk meningkatkan daya/nilai yang ada dalam dirinya. Jadi jangan takut untuk mengenal diri dengan datang ke biro psikologi terdekat. Tentu saja yang sudah terjamin kredibilitasnya ya dimana ada seorang psikolog yang akan menjadi konselor dan penanggungjawabnya. Hal ini dibutuhkan karena hasil tes yang berupa data kuantitatif maupun keterangan secara dinamika sebaiknya diterangkan kembali oleh sang psikolog.

Sesi konsultasi ini diperlukan agar individu yang bersangkutan mendapatkan pemahaman secara jelas mengenai dinamika dirinya yang diperoleh dari hasil tes tersebut. Dalam kesempatan ini yang bersangkutan berhak menadapatkan penjelasan mengenai hasil tesnya tersebut dan menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti. Namun, harap diingat, hasil tes bukanlah patokan dan harga mati, meskipun memang bisa memproyeksikan keadaan diri seseorang dan memperkirakan keberhasilan pengembangan dirinya di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan seseorang pasti akan mengalami perkembangan dan pembelajaran berdasarkan diri dan lingkungannya. Hasil tes adalah salah satu rambu-rambu dan informasi yang dapat digunakan dalam proses pengembangan tersebut.

Oleh karena itulah diperlukan peran psikolog maupun konselor ahli dalam menyampaikan dinamika hasil psikotes.  Agar mendapatkan hasil yang optimal dan lebih akurat maka diperlukan pengerjaan yang apa adanya dan jujur sesuai instruksi yang diberikan. Perlu diingat hasil psikotes adalah rahasia dan hanya berlaku untuk pribadi yang memang mengikuti psikotes atas inisiatif maupun biayanya sendiri. Karena apabila mengikuti psikotes untuk tujuan rekrutasi maka hasilnya yang berhak mengetahui adalah pihak penyelenggara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here